Selasa, 19 November 2013

MASA MENENGAH



masa-masa menengah, juga bisa disebut masa-masa di SMP atau di SMA semua orang pasti pernah mengalaminya. di masa menengah itu tentu ada yang mengalami masa-masa indah, ada yang mengalaminya di SMP saja, ada juga yang di SMA saja, bahkan ada juga di SMP dan SMA (tapi itu jarang sekali).

jika kita flash back lagi, melihat kita saat ini, mungkin kita akan berkata, "perasaan baru kemarin SMA, sekarang udah kuliah/kerja lagi." atau, "perasaan baru kemarin masuk SMA, bentar lagi udah mau lulus.". ada juga yang seperti ini, "perasaan baru kemarin SMP sekarang udah mau lulus/SMA/kuliah/kerja lagi" dan masih banyak lagi kalimat-kalimat yang di awali dengan kata "perasaan baru kemarin".

ini tidak hanya berlaku pada reader saja, juga pada saya sendiri. ketika baru saja saya resmi menjadi siswa di SMP Negeri 1 Rancaekek, yang ada dipikiran saya adalah "udah SMP lagi, pake putih biru. perasaan baru kemarin ujian." dan menjelang kelulusan, "perasaan baru kemarin masuk SMP, sekarang udah mau diusir lagi. huaaa". dan ketika saya telah menapaki jenjang menengah atas di SMA Mekar Arum, kalimat yang terucap adalah, "hmm,,egk apa-apa deh masuk swasta juga. aku yakin ko bisa bersaing sama anak-anak negeri. tapi ternyata aku sudah resmi jadi anak SMA. egk kerasa ya. perasaan baru kemarin aku jadi siswa SMP". dan sekarang ketika saya akan menghadapi kenaikan tingkat di SMA Negeri 1 Talang Empat, kalimat yang pernah terucap yaitu, "bentar lagi kelas 3, itu artinya ujian tinggal di depan mata, kelulusan makin terbuka, persaingan semakin ketat, perguruan tinggi di Indonesia menanti-nanti, psikologi/kedokteran yang selalu menghantui aku. benar-benar tidak terasa."

sadarkah kita ? ternyata waktu berlalu begitu cepat. sungguh tidak terasa. 1 tahun saja bagaikan 1 bulan. apalagi 1 bulan, terasa seperti 1 hari. 1 hari ibaratkan 1 detik yang telah berlalu.
boleh saja dulu kita berharap waktu segera berlalu, "ih pingin cepet-cepet masuk SMP/SMA/kuliah/kerja", tapi setelah itu diraih kita kembali lagi diingatkan memori indah. terkadang kita tersenyum-senyum sendiri. dan itulah yang saya sebut dengan MASA MENENGAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar